Sebagai seseorang yang mendapat titipan, tentunya berkeinginan menjaga amanah yang dititipkan tersebut dengan sebaik-baiknya. Anak-anak adalah amanah yang dititipkan Allah Ta’ala kepada hambaNya sesuai yang dikehendakiNya. Allah Ta’ala telah menjadikan anak-anak sebagai hasil usaha orang tua, sehingga para orang tua pastilah menginginkan anak-anaknya menjadi anak-anak yang shalih dan penyantun. Suatu kebahagiaan jika anak-anak kelak menjadi anak-anak yang shalih yang senantiasa mendoakan orang tua serta menjadi ladang pahala yang tanpa putus dengan sebab amalan anak yang bersumber dari pendidikan orang tuanya.

Berikut ini ringkasan jurus jitu mendidik anak yang merupakan tulisan ustadz Abdullah Zaen, MA. Paparan selengkapnya dapat dibaca dengan meng-klik tiap-tiap poin dibawah ini:

  1. Mendidik Anak Perlu Ilmu , karena memang mendidik anak tidaklah mudah.
  2. Mendidik Anak Perlu Kesalihan Orang Tua , jangan hanya mengharap anak yang shalih sementara orang tua tidak berusaha menjadi shalih.
  3. Mendidik Anak Perlu Keikhlasan , karena segala sesuatu yang dilandasi keikhlasan karena Allah semata akan terasa ringan, sekaligus bernilai pahala.
  4. Mendidik Anak Perlu Kesabaran , yang mana kesabaran adalah pelita yang akan menerangi jalan ketika kegelapan melanda.
  5. Mendidik Anak Perlu Iringan Do’a , setelah usaha yang sungguh-sungguh, Do’a adalah senjatanya orang beriman, sehingga segalanya digantungkan kepada Allah Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana.

Semoga kita bersungguh-sungguh ingin mengetahui bagaimana mendidik anak diatas Islam dan Sunnah, bersungguh-sungguh memperbaiki keshalihan kita sambil menginginkan keshalihan anak-anak kita, ikhlas dan sabar dalam mendidik anak-anak kita, serta tak lupa senantiasa memanjatkan do’a kepada Allah untuk anak-anak kita.

 

***************************************

Artikel: www.pustakaalatsar.wordpress.com